Apa itu Silia dan Sitoplasma?


Silia

Silium (jamak Silia) adalah organel sel yang berfungsi sebagai alat bantu pergerakan yang menonjol dari sebagian sel yang diameternya kira-kira 0,25 µm dan panjangnya sekitar 2 sampai 20 µm serta biasanya muncul dalam jumlah banyak pada permukaan sel.

Silia berbeda dengan flagela (bentuk jamak dari flagelum) yang fungsinya dan diameternya sama dengan silia, hanya saja lebih panjang, yaitu sekitar 10 hingga 200 µm. Selain itu, jumlah flagela biasanya terbatas, hanya satu atau beberapa untuk setiap sel.

Banyak organisme eukariot uniseluler bergerak di air dengan bantuan silia dan flagela. Jika silia atau flagela membentang dari sel yang merupakan bagian dari lapisan jaringan, silia dan flagela ini berfungsi untuk menggerakkan lendir yang berhasil menangkap kotoran-kotoran kecil agar keluar dari paru-paru.


Sitoplasma

Sitoplasma adalah bagian sel yang terbungkus membran sel. Pada sel eukariota, sitoplasma adalah bagian non-nukleus dari protoplasma. Pada sitoplasma terdapat sitoskeleton, berbagai organel dan vesikuli, serta sitosol yang berupa cairan tempat organel melayang-layang di dalamnya. Sitosol mengisi ruang sel yang tidak ditempati organel dan vesikula dan menjadi tempat banyak reaksi biokimiawi serta perantara transfer bahan dari luar sel ke organel atau inti sel.

Walaupun semua sel memiliki sitoplasma, setiap jaringan maupun spesies memiliki ciri-ciri yang jauh berbeda antara satu dengan yang lain.

Di dalam sitoplasma terdapat oraganel-organel sel berikut ini:

    Mitokondria, berfungsi dalam proses oksidasi dan mualisasi.
    Plastida, di dalamnya terkandung klorofil, berfungsi dalam fotosintesis.
    Vakuola, berfungsi menyimpan zat makanan.
    Ribosom, sebagai tempat berlangsungnya sintesis protein.
    Retikulum endoplasma, dibedakan menjadi dua:
        Retikulum Endoplasma Kasar, sebagai tempat melekatnya ribosom.
        Retikulum Endoplasma Halus.
    Badan Golgi, berfungsi secara aktif dalam sekresi dan sintesis polisakarida.
    Lisosom, berperan dalam proses matinya sel-sel.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...