JIS Sempat Memfitnah Ibu Korban Pelecehan Seksual


Ibu siswa Jakarta International School yang mengalami pelecehan seksual mengaku sempat mendapat fitnah dari pihak sekolah. Fitnah dilakukan JIS untuk meredam isu pelecehan seksual di sekolah internasional itu. “Mereka menyebar surat elektronik ke orang tua murid lainnya dan menyatakan cerita yang saya sebarkan adalah cerita bohong,” ujarnya kepada Tempo, Kamis, 17 April 2014.

Surat elektronik itu disebar pihak JIS sehari setelah sang ibu menggelar konferensi pers soal kasus ini awal pekan lalu. Menurut dia, sejak awal dirinya sudah meminta pihak JIS untuk memberitahukan orang tua murid lainnya soal kejadian ini. “Supaya mereka bisa waspada, jangan sampai kejadian seperti ini terjadi kepada anak yang lain juga,” ujarnya.

Selain mengatakan bahwa dirinya menyebarkan cerita bohong, pihak JIS juga menyebar kabar bahwa dirinya menerima sejumlah uang dan pengacara yang disewa oleh JIS untuk kasus ini. “Padahal, saya tidak pernah menerima itu semua,” ujarnya.

Sebelumnya, kasus pelecehan seksual terhadap seorang siswa taman kanak-kanak di JIS terbongkar. Polisi sudah mengamankan dua orang tersangka dalam kasus ini yang merupakan pekerja kebersihan sekolah. Diduga, pelaku pelecehan seksual ini lebih dari satu dan juga terdapat sejumlah korban lainnya.